Mekanisme Pelayanan Sabaro
1. Ujud doa SABARO hanya ada 5 jenis yaitu:
a. Bagi orang yang sedang sakit.
b. Bagi orang yang baru meninggal atau yang meninggal 1 (satu) tahun, 2 (dua) tahun atau 3 (tiga tahun). Kami persilakan umat untuk mendaftarkan nama arwah yang wafatnya belum mencapai 3 tahun lamanya, maka pada hari H nya, d’S (seluruh anggota Sabaro) akan diminta oleh S1 untuk berdoa bersama di tempat masing-masing dan nama-nama itu pada hari Minggu akan didoakan dalam misa umum yang dipimpin oleh S1.
c. Doa ultah (hanya) bagi d’S yang merayakan ulang tahun. (Kerabat dari anggota tidak termasuk)
d. Berdoa secara khusus bagi Tahta Suci dan segala intensinya.
e. Mendoakan CDD (Congregatio Discipulorum Domini) dan karya-karyanya.
2. Ujud doa lainnya (macam-macam keperluan) sebaiknya minta didoakan oleh kelompok lain yang di luar SABARO.
3. Jika ada ada orang sakit yang perlu dikunjungi (agama tidak hanya Katolik saja, asal yang bersangkutan tidak keberatan untuk didoakan), kami harap supaya umat memberitahukan baik nama orangnya, usia, jenis penyakit, telpon yang bisa dihubungi maupun alamat rumah atau rumah sakit tempat pasien berada. Kami akan berusaha memenuhinya sesuai dengan waktu yang tersedia.
4. Jika ada ada orang meninggal yang perlu dikunjungi dan didoakan (yang Katolik saja), kami harap supaya umat menelpon sekretariat dan memberitahukan baik nama orangnya, usia, telpon yang bisa dihubungi, maupun alamat rumah duka. Kami akan berusaha memenuhinya sesuai dengan waktu yang tersedia.
5. D’S yang mau mengunjungi orang sakit atau keluarga yang berduka di wilayah masing-masing (Denpasar, Semarang, Malang, Jakarta dll), harap umat menelpon sekretariat untuk diinfokan ke d’S, agar anggota lain yang se wilayah dapat ikut mengambil bagian secara langsung dan d’s mendukung dengan doa. Kami berharap d’S dapat berperan aktif dan mandiri dalam hal ini (tidak selalu harus menunggu instruksi dari S1).
6. Dalam waktu dekat d’S akan mendapatkan samir/seragam. (sampai hari ini sudah ada sebanyak 133 samir yang dibagikan). Samir ini perlu dipakai pada saat melayani. (Lihat foto 1 dan 3).
7. Sedapat mungkin jika ada pelayanan kunjungan, d’s mengabadikannya dengan foto dan mengirimkannya ke sekretariat per pos atau per e-mail.
8. Permintaan doa harap dilakukan sebelum pk 11.00 Wib atau 12.00 Wita. Permintaaan setelah jam tsb di atas akan dilayani pada hari berikutnya. Jam kerja sekretariat adalah Pk. 08.00 s.d. 16.00 Wita.
9. Nomor kontak sekretariat yang dapat menerima dan mengirim sms adalah: 0361-9970156(ESIA), 085238997941 (SIMPATI AS), 08311831327 (AXIS), 081999077353 (XL). Petugas yang melayani di Sekretariat adalah Sdri. Siti dan Sdr. Made.
10. Jangan lupa pula, d’S diharap untuk rutin (bisa tentukan sendiri waktunya seminggu satu kali) mendoakan Tahta Suci dan seluruh anggota CDD ( yaitu kongregasi tempat S1 bernaung). Diharapkan untuk sedapat mungkin mendukung karya-karya CDD di Indonesia.
11. Format sms permintaan doa sbb:
a. Untuk Orang Sakit: Mohon Sabaro berdoa bagi A (nama yang sakit), umur, jenis penyakit/tindakan pengobatan, kota. Contoh: Mohon Sabaro mendoakan ibu Sonya Rumpewas, 75 th, operasi katarak (kencing manis, kanker tulang, coma dll), Jakarta.
b. Untuk orang baru meninggal: Mohon Sabaro berdoa bagi A (nama yang sakit), umur, meninggal tanggal …, kota. Contoh: Mohon Sabaro berdoa bagi Bp. Nikodemus Suryanto, 89 th, meninggal 12 Sep 2008, Banjarmasin
Rangkuman Hasil Rapat SABARO
1. Rapat diadakannya di Aula Kecil Rumah Khalwat Tegaljaya pada tanggal 3 Agustus 2008, mulai dari pk 10.00 s.d. 11.30 dan dihadiri oleh 45 anggota.
2. S1 menjelaskan mekanisme pelayanan SABARO seperti yang dapat kita simak dalam KASA 3 ini.
3. S2 memperkenalkan samir yang dijahit oleh S121. Bahan dasarnya macam-macam kain batik (corak batiknya boleh diubah sendiri sesuai dengan selera masing-masing), dengan pinggirannya yang berwarna kuning atau ungu. Yang berwarna kuning kita pakai pada saat mengunjungi orang sakit, sedangkan yang berwarna ungu kita gunakan pada saat menghadiri upacara duka. D’S yang tinggal di Denpasar dapat mengambil samir di kantor sekretariat, sedangkan yang di kota lain akan mendapatkannya bersama dengan KASA 3 tau 4, sesuai dengan persediaan.
4. Kapan harus berdoa, apakah segera sesudah menerima sms pelayanan? Bisa segera berdoa, bisa juga ditunda sampai sempat. Kalau perlu doakanlah lebih banyak dari pada yang diminta, gunanya, karena selain dapat menambah kedekatan kita kepada Tuhan juga dapat membantu teman-teman yang lupa berdoa. Lupa berdoa bukan dosa, jadi jangan merasa terbeban, kalau teringat, ditebus saja.
5. S1 akan memimpin ziarah ke Ganjuran, Sendangsono, dan gua Kerep. Untuk d’s, harganya Rp430.000,- (mendapatkan subsidi Rp100.000,- dari Kas Sabaro). Untuk umum harganya Rp530.000,- (tidak mendapat subsidi baik bagi orang dewasa maupun anak-anak). Tanggal 24 Oktober berangkat dari Tegaljaya, Tgl 25 menginap di Bandungan, Tgl 27 tiba lagi di Tegaljaya. Kita berharap semoga teman-teman dari Jawa tengah bisa sekalian berkumpul dan menjalin rasa persaudaraan. Untuk teman-teman yang langsung bergabung di gua Kerep atau Yogya, cukup membayar ongkos penginapan dan konsumsi seharga Rp150.000,- saja. Pendaftaran dan pembayaran ditutup pada tanggal 5 Oktober 2008.
6. Bendahara (S8) melaporkan bahwa pengeluaran kita untuk sms saja dalam setengah bulan sekitar Rp500.000,-. Saldo awal 15 Juni Rp 10.000.000,- dan saldo per 3 Agustus Rp2.979.000,-. Pengeluaran ini termasuk renovasi kantor SABARO, membeli 1 komputer, 2 buah hp dan lain-lainnya. 2 hp lainnya adalah persembahan dari S1. Pemasukan lainnya akan dilaporkan secara tersendiri.
7. Biaya pengiriman KASA juga sangat besar, rata-rata Rp5.000,- per amplop. Maka kita akan menentukan beberapa pos untuk menaruh KASA, sehingga d’S masing-masing mengambilnya sendiri. Untuk yang jaraknya terlalu jauh, kami tetap akan mengirimkannya via kurir Elang Ekspres (atas bantuan S7).
8. Sabaro tidak dijinkan meminta dana apa pun kepada pihak mana saja. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menerima Persembahan Kasih dari anggota dan para benefactor.
9. Media Kita, yaitu media yang menyebarkan iklan dan info-info penting membuka kesempatan kepada anggota SABARO untuk memasang iklan dengan diskon 10%, silakan menghubungi S15 (08123861799). S45 mempunyai keahlian untuk merias jenasah di Jakarta, jika ada yang memerlukan silakan menghubungi beliau (08159928295).
10. Anggota yang belum menyerahkan foto diharapkan segera mengirimkan foto setengah badan, boleh via pos ke sekretariat atau via email sabarobali@yahoo.co.id dan kami sungguh-sungguh mohon kerja samanya. (*S1*)
Sabuki
Demi kecintaan kita kepada kelangsungan hidup manusia dan untuk mengurangi pemanasan global dan efek rumah kaca, setiap orang, khususnya anggota SABARO dihimbau untuk mengambil bagian dalam beberapa item di bawah ini:
1. Kurangi konsumsi daging, sebab untuk menghasilkan 1 Kg daging dibutuhkan 15 Kg gandum. Peternakan menyebabkan bertambahnya CO2 sebesar 18% yang jelas sangat merugikan bagi kesehatan.
2. Makanan segar atau makanan lokal lebih menghemat energi dari pada makanan olahan yang memerlukan proses dan transportasi.
3. Kurangi penggunaan aluminium, plastik dan kertas. Energi untuk menghasilkan 1 kaleng softdrink setara dengan menyalakan TV selama 3 jam. Hemat kertas berarti mengurangi penebangan hutan. Daur ulang juga sangat berarti bagi kelangsungan bumi.
4. Belilah barang dalam kemasan besar, kalau perlu ajaklah teman-teman untuk membeli bersama.
5. Matikan oven beberapa menit sebelum waktunya dan biarkan pintunya tertutup, maka panasnya akan bertahan sampai pada tenggang waktu yang diperlukan.
6. Fast food menghasilkan sampah terbesar di dunia, selain itu kebanyakan fast food juga berakibat buruk pada kesehatan.
7. Bawalah tas yang bisa dipakai ulang, sehingga mengurangi penggunaan kantong baru.
8. Gunakan gelas kaca, keramik atau plastik food grade yang dapat dicuci ulang.
9. Berbelanjalah di dekat raumah anda untuk mengurangi pengggunaan BBM dan penyebaran CO2.
10. Mie instans mengandung lapisan gluten yang susah dicerna, karena butuh 3 hari untuk mencerna dan itu jelas memberatkan kerja usus kita.
11. Tanam pohon setiap ada kesempatan. Sisakan bibit buah dan setorkan ke lembaga yang peduli akan penghijauan, misalnya Rumah Khalwat Tegaljaya.
12. AC jangan dinyalakan terlalu dingin, terlebih pada saat tidur, toh akhirnya kita berlindung di dalam selimut pula. Jika ada kebocoran dalam ruangan ber ac, sebaiknya segera diatasi.
13. Gunakan timer untuk AC, charger HP, pencukur elektrik, sikat gigi elektrik, kamera dll., dan komputer sehingga terhindar dari insiden lupa mematikan alat listrik.
14. Gunakan pemanas air tenaga surya.
15. Matikan lampu yang tidak begitu penting dan jangan biarkan air terus menetes dari kran.
16. Gunakan lampu hemat energi karena lebih tahan 8x dan lebih hemat sekitar 80%.
17. Maksimalkan pencahayaan alam, gunakan genteng kaca dan cat tembok yang terang.
18. Hindari standby pada alat elektronik (TV, Komputer, UPS, Trafo), off kan atau cabut colokannya.
19. Hindari membuka pintu kulkas terlalu lama. Setiap menit kulkas terbuka, dibutuhkan 3 menit untuk mengembalikannya ke suhu semula.
20. Makanan dengan potongan yang lebih kecil menghemat energi dalam memasaknya.
21. Kumpulkan cukup banyak pakaian, baru kemudian dicuci bersama, sebaiknya dengan air dingin, untuk menghemat air dan listrik.
22. Detergen ramah lingkungan lebih menjamin lingkungan yang baik bagi masa depan anak cucu kita.
23. Jika anda bosan dengan perabotan rumah tangga atau mainan anda, juallah lagi, atau diberikan kepada pihak yang mau menampungnya.
24. Cairan parfum dan obat yang menggunakan semprotan yang mengandung Aerosol sangat mencemarkan kebersihan udara kita. Gunakan semprotan dari botol kaca/plastik saja.
25. Kurangi makan di luar kantor, sebaiknya bawalah makanan dan minuman dari rumah dengan wadah yang kuat. Hindari pemakaian stereofoam (berasal dari minyak bumi dan susah diuraikan).
26. Pilih gunakan e-mail dari pada surat yang tercetak di kertas, kecuali jika benar-benar diperlukan.
27. Alihkan penagihan kartu kredit via e-mail, gunakan lebih sering mobile banking atau internet banking.
28. Kurangi penggunaan pesawat terbang, sebab menyumbang emisi karbon yang sangat signifikan.
29. Kurangi bepergian untuk urusan kantor karena banyak urusan kantor bisa diselesaikan dengan teleconference, instant message, sms.
30. Gunakan handuk hotel lebih dari satu hari.
31. Gunakan mobil antar jemput untuk anak anda.
32. Gunakan mobil yang kecil dan hemat energi.
33. Rajin-rajinlah merawat mobil atau sepeda motor anda karena bisa menghemat pengeluaran yang tidak diperlukan.
34. Matikan mesin mobil saat menunggu penumpang atau saat mengalami kemacetan total.
35. Berbagilah dalam transport ke kantor, jangan malu untuk menumpang, tetapi jangan lupa untuk sesekali membayar ongkos bensinnya.
36. Beralihlah ke batere isi ulang dan jika membeli alat elektronik, pilihlah yang hemat energi.
37. Hindari bahan kimia pembersih, gantilah dengan cuka dan baking soda yang dapat membersihkan hampir segala jenis barang.
38. Sirkulasi dalam rumah harus cukup.
39. Tempatkan tumbuhan yang bisa hidup dalam ruangan.
40. Untuk menangani keracunan, hubungi dinas yang bersangkutan. Dalam KASA 4 akan dibahas lebih lanjut. (Disadur oleh S1 dari www.hiduplebih mulia.blogspot.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar